Perkenalan Aplikasi Zoom

Zoom Video Communications, atau lebih dikenal sebagai Zoom, adalah platform konferensi video yang sangat populer yang memungkinkan pengguna untuk mengadakan pertemuan virtual, konferensi web, dan kolaborasi online. Berikut adalah sejarah singkatnya :

  1. Pendirian (2011):
    Zoom didirikan oleh Eric Yuan pada tahun 2011. Eric Yuan sebelumnya adalah seorang eksekutif di Cisco Systems, yang mengembangkan perangkat lunak konferensi video WebEx. Keinginan Yuan untuk menciptakan pengalaman konferensi video yang lebih sederhana dan efisien adalah dorongan di balik pendirian aplikasi ini.
  2. Peluncuran Beta (2012):
    Zoom meluncurkan versi beta platformnya pada bulan April 2012. Pada awalnya, aplikasi ini ditujukan untuk mengatasi masalah kualitas dan keandalan yang sering kali dihadapi dalam konferensi video.
  3. Peluncuran Publik (2013):
    Aplikasi ini secara resmi diluncurkan untuk umum pada bulan Januari 2013. Keunggulan utamanya adalah antarmuka yang mudah digunakan, kualitas audio dan video yang baik, serta kemampuan untuk mengakomodasi pertemuan dengan banyak peserta secara bersamaan.
  4. Pertumbuhan Pesat (2014-2019):
    Aplikasi ini mengalami pertumbuhan pesat selama beberapa tahun berikutnya, menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis, organisasi pendidikan, dan individu untuk pertemuan jarak jauh. Faktor-faktor seperti keandalan, kualitas video yang tinggi, dan integrasi yang mudah dengan perangkat keras dan perangkat lunak lainnya membantu aplikasi ini memenangkan kepercayaan pengguna.

Baca juga : Sejarah Aplikasi Whatsapp

  1. Pencatatan IPO (2019):
    Pada bulan April 2019, Aaplikasi ini meluncurkan penawaran saham perdana (IPO) dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek New York (NYSE) dengan kode saham “ZM”. IPOnya sukses dan menunjukkan minat besar dari para investor terhadap platform ini.
  2. Pertumbuhan Selama Pandemi COVID-19 (2020):
    Pada tahun 2020, selama pandemi COVID-19 yang melanda dunia, Zoom menjadi salah satu alat komunikasi yang paling banyak digunakan karena pembatasan sosial dan kerja dari rumah. Pertumbuhan penggunaan Zoom yang pesat selama masa ini memperkuat posisinya sebagai salah satu platform konferensi video terkemuka di dunia.

Zoom Saat ini

Zoom adalah platform konferensi video yang memungkinkan pengguna untuk mengadakan pertemuan virtual, konferensi web, dan kolaborasi online. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam pertemuan secara daring melalui komputer, tablet, atau ponsel pintar. Dengan Zoom, pengguna dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui video, suara, dan obrolan teks. Beberapa fitur utama dari aplikasi Zoom meliputi:

  • Pertemuan Video: Zoom memungkinkan pengguna untuk mengadakan pertemuan video dengan peserta dari lokasi yang berbeda. Peserta dapat mengaktifkan atau menonaktifkan kamera dan mikrofon mereka selama pertemuan.
  • Audio Konferensi: Pengguna juga dapat mengikuti pertemuan hanya melalui suara, tanpa video, menggunakan fitur panggilan audio konferensi.
  • Obrolan Teks: Zoom menyediakan fitur obrolan teks sehingga peserta pertemuan dapat berkomunikasi secara tertulis selama pertemuan.
  • Berbagi Layar: Pengguna dapat membagikan layar komputer mereka dengan peserta lain, memungkinkan mereka melihat apa yang ada di layar pengguna yang membagikan.
  • Rekaman Pertemuan: Zoom memungkinkan pengguna merekam pertemuan sehingga peserta lain atau orang yang absen dari pertemuan dapat melihat rekaman tersebut nanti.
  • Fitur Kolaborasi: Zoom menyediakan fitur kolaborasi seperti whiteboard digital dan pembagian dokumen, memungkinkan peserta bekerja sama secara real-time selama pertemuan.
  • Keamanan: Zoom telah meningkatkan fitur keamanannya, termasuk enkripsi end-to-end untuk melindungi privasi pengguna dan mencegah akses tidak sah ke pertemuan.

Aplikasi ini digunakan oleh bisnis, organisasi pendidikan, lembaga pemerintah, dan individu di seluruh dunia untuk berbagai keperluan, termasuk rapat bisnis, pelatihan online, kelas virtual, konferensi pers, dan banyak lagi. Aplikasi ini tersedia untuk berbagai platform, termasuk Windows, macOS, iOS, dan Android, sehingga pengguna dapat mengaksesnya dengan mudah melalui perangkat mereka.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *